Review Buku Smart Big Book : 365 Aktivitas Anak Pintar



Diantara banyaknya jenis buku edukasi untuk anak usia paud/TK, saya paling suka dengan jenis Big Book. Alasannya simple, karena materinya variatif dan jumlah halamannya banyak!


Nah, kali ini saya mau coba review buku baru untuk babang yang di karang oleh Yurinda Dini, judulnya Smart Big Book : 365 Aktivitas Anak Pintar. Dari cover bukunya yang berwarna putih ini aja saya udah bisa menebak kalau buku ini bagus. Betul saja, buku setebal 204 halaman ini berisi berbagai macam jenis kegiatan yang sebenarnya ditujukan untuk anak usia 4-7 tahun. 


Surprisingly, materinya variatif banget dan visualisasinya pun menarik. Terbukti, begitu membuka halaman pertama, babang langsung excited pengen buru-buru belajar. Materi belajarnya sesuai lah dengan usianya, mulai dari calistung, mewarnai, menggambar, mencari perbedaan suatu gambar hingga permainan maze. Semuanya divisualisasikan dalam gambar dan warna-warna yang eye catching. 


Serunya lagi, buku terbitan Cikal Aksara ini dibagi menjadi 34 sub tema seputar keseharian dan lingkungan kita. Anak nggak monoton disuguhkan gambar- gambar berupa bentuk geometri, binatang, atau alat transportasi yang umum divisualkan sebuah buku edukasi anak saja. Disini, 34 sub tema itu juga berisi tentang pengenalan anggota tubuh, macam-macam alat musik, alam sekitar, jenis-jenis hewan, jam dan waktu, dan bahkan mengenal macam-macam profesi. Jadi jangkauan wawasannya pun sangat luas dan relate dengan keseharian anak. Ini sih yang sebenernya jarang banget saya temui di buku-buku edukasi anak kebanyakan. 


Poin plus-nya, buku ini juga mengajarkan hal-hal mendasar seperti bentuk geometri, perbedaan bentuk dan ukuran suatu benda serta huruf dan angka yang berguna banget untuk anak-anak usia 2 hingga 4 tahun. Nah, jadi Kenji pun bisa ikutan belajar juga kan!


Overall, saya sih suka banget sama buku ini! Saya kasih nilai 9 dari 10. Kenapa kurang 1? Karena lembarannya nggak semua berwarna, dominan kertas hitam putihnya. Tapi ndak masalah juga sih, yang penting kan isinya dan yang lebih penting lagi anaknya suka dan semangat untuk belajar :)





Komentar

Postingan Populer