Duduk, Makan, Berdiri, Merangkak :)


Wah udah lama juga ya saya nggak posting "kicauan" di blog. Ada banyak banget cerita yang akhirnya kelewatan ditulis, salah satunya 4 fase penting yang udah dijalani Barra : Duduk, makan, berdiri dan merangkak. Yap, beberapa hari setelah saya posting cerita yang terakhir, Barra akhirnya bisa duduk. Rekomendasi DSA untuk melatihnya duduk saya praktekin. Pelan-pelan saya pegang tangannya dan otomatis dia mengangkat badannya untuk bangun dan duduk. Awalnya agak sempoyongan, tapi karna dilatih terus, akhirnya hari minggu pagi saya dikejutkan dengan kehebohan Ayu (Barra's nanny) yang teriak2 ngeliat barra bisa duduk agak lama. Yap, I saw him. Duduk mantap tanpa berpegangan pada apapun. Dia keliatan ngga kesulitan, malah ikutan ketawa ngeliat muka orang-orang yang kegirangan ngeliat aksinya.

Tiga minggu berikutnya, tibalah waktu Barra MPASI untuk pertama kalinya. Genap 6 bulan, dan ketika itu kita lagi mudik ke Padang. Karna dalam perjalanan dan tanpa persiapan, saya hanya menyuapinya pisang yang dikerok dengan porsi yang sedikit. Alhamdulillah dia nggak nolak, antusias malahan. Seperti anjuran milis yang saya ikuti, aturan 4daysrule saya jalani. Memberinya satu menu yang sama selama empat hari untuk mendeteksi kalo2 dia kena alergi. Hampir semuanya lolos, kecuali alpukat yang bikin acara makannya Barra pake meringis karna ngga suka rasanya yang hambar. 

I did it, after failed to give asix for him, finally I made his meal by my self. Puas. Setelah 6 bulan bergelut dengan rasa bersalah lantaran asi yang ngga mencukupi dan segala macam pandangan negatif orang akan bayi peminum sufor, saya menerimanya dengan lapang dada dan akhirnya berhasil menebusnya dengan menolak instan food. Udah terlalu muak rasanya melihat atau mendengar orang berkampanye tentang asi yang menurut saya malah keliatan sombong. Bahagialah mereka, dan saya janji insya Allah akan mewujudkannya di anak kedua nanti. 

Okay, balik lagi tentang MPASI, sekarang Barra mulai makan bubur beras merah lengkap dengan puree buah atau sayuran. Rasanya asik mengolah makanannya sendiri sebelum berangkat ke kantor walopun mata masih lengket. Alhamdulillah Barra belum pernah GTM dan jangan sampe deh yaa..selama dia melahap semua makanannya sampe tuntas dan ngga ada tanda-tanda alergi di badan maupun poop-nya.

Setelah berhasil urusan makan, saya kembali dikejutkan dengan kepintarannya yang lain. Waktu itu saya baru aja pulang kantor dan langsung mengajaknya main setelah mandi. Tiba-tiba dia meraih tangan saya minta dibantu, saya pikir dia mau duduk, jadi saya angkatlah tangannya. Eh taunya keterusan sampe kakinya lurus berdiri. Dia mulai joget-joget (goyang bebek kata mbak ayu). Kepikiran sama saya untuk membawa dia ke boks bayi. Bener dong, disana dia berusaha mengangkat badannya dengan berpegangan pada pinggiran boks. Dia masih belum bisa mengangkat badannya sendiri. Akhirnya saya bantu angkat lagi, dan tangannya saya letakkan di pinggir boks untuk pegangan. TADA!! dia berhasil berdiri sendiri dalam waktu yang lumayan lama. Speechless saya :')

Hari ini, kira-kira dua minggu setelah dia bisa berdiri, saya dikejutkan lagi sama aksi merangkaknya. Saya pikir fase merangkak bakal dia lewatin, eh ternyata engga. Barra bisa mengangkat badannya, menyisakan telapak tangan dan lutut di lantai untuk mulai merangkak. Langkahnya baru sedikit sih, tapi at least dia bisa!! Kalo disuruh meraih barang/mainan yang letaknya jauh sih udah cepet banget digapainya, merangkak juga tapi pake kaki en perut, ngga bener-bener pake lutut kayak tadi.

Apa saya lihat dari super cepetnya perkembangan Barra, bikin saya takjub. Ngga nyangka saya bisa melewatinya, saya bisa menjadi seorang ibu meskipun banyak banget rintangan yang harus dijalani. Saya berhasil membesarkan Barra dan membuktikan cibiran orang bahwa anak saya ini sehat dan cerdas walopun minum campuran asi+sufor. I'm done with asi and stuffs. dan saya ngga sabar untuk melihat kepintaran-kepintaran Barra berikutnya :)

Komentar

Postingan Populer