Welcome to the world, Barra

Akhirnyaaaaa saat yang paling ditunggu itu dateng juga. Tiba-tiba dan tak terduga. Disaat saya udah mulai rileks ngga mikirin "kenapa belum juga melahirkan", saat saya mulai memasrahkan segalanya sama Allah, ngedadak momen itu dateng. Hari itu tumben banget saya ngga ngejalanin rutinitas jalan keliling sekitar rumah seperti yang biasa dilakukan. Sorenya, saya malah pergi ke mal Kelapa Gading dan memesan steak favorit saya bareng mama. Bener-bener relaxing time with mom dan baru pulang jam 8 malam.

Sekitar jam 11 malam, tiba-tiba saya ngerasain mules kayak pengen poop, tapi kok ilang timbul. Lama-lama mulesnya makin sakit dan terjadi per 5 menit. Tadinya saya ngotot ngga mau dibawa ke RS lantaran takut cuma kontraksi palsu kayak tempo hari. Takut berujung kekecewaan lagi disaat saya mulai menerima keadaan. Tapi karna sakitnya udah merata ke bagian pinggang, pantat dan menjalar menuju kelamin, akhirnya saya berangkat ke RS Hermina Podomoro ditemenin mama dan suami. Benar aja, begitu di tes CTG (rekam jantung janin) hasilnya menunjukkan adanya kontraksi teratur dan pembukaan jalan lahir 1cm. Kita pun stay di ruang bersalin.

Sekitar jam 3 subuh, interval kontraksi semakin pendek. Ngga sampai 5 menit saya ngerasain mules yang luar biasa sakitnya hingga refleks ngeden pelan. Rupanya berdasarkan pemeriksaan dalam, suster bilang saya udah pembukaan 3. Saya makin semangat, sedangkan suami dan mama semakin lemes ngeliat saya kesakitan. Ngga lama kemudian (sekitar satu jam berikutnya, entahlah, waktu berjalan sangat cepat) jalan lahir memasuki pembukaan 5 dan rasa sakitnya luaarrr biasa sehingga pas saya refleks ngeden pecahlah kantong ketuban bercampur lendir darah (upss maaf agak vulgar ya bahasanya ;p). Setelah itu pembukaan jadi makin cepat dan rasa sakitnya pun makin menggila. Walopun suster berulang kali bilang supaya jangan ngeden supaya ngga bengkak, saya melakukannya secara ngga sadar sangking sakitnya.

Jam 6 dokter akhirnya datang, tepat saat pembukaan jalan lahir sudah sempurna (bukaan 10). Setelah dicek, ternyata air ketuban saya udah mulai hijau karna usia kandungan yang udah lewat dari due date (41minggu). Karna saya ngotot mau melahirkan normal, dokter pun ngasih waktu setengah jam untuk saya ngeden maksimal. Disinilah saya ngeluarin tenaga habis-habisan untuk ngeden. Sayangnya, begitu saya lagi ngga ngeden, kepala bayi yang semula udah di pintu vagina, kembali naik ke atas.

Akhirnya waktu yang diberikan pun habis, dan suami pun menyetujui saya di operasi cesar. Karna rasa sakitnya makin menggila, saya tetep aja ngeden, padahal saat itu tim dokter dan suster lagi sibuk nyiapin kamar operasi. Semuanya berubah, saat suami ngeliat kepala si bayi mulai kelihatan pas saya ngeden. Dokter dan suster pun berdatangan, dan kembali menyemangati saya untuk ngeden lebih kuat. Jujur, udah ngga ada lagi tenaga yang tersisa, lelah luar biasa. Selang oksigen yang terpasang udah ngacir ngga tau kemana. Suntikan infus di tangan pun ngga berasa pas dipasang, bahkan saat dokter melakukan episotomi (menggunting daging antara vagina dan anus) pun udah ngga berasa lagi, sekali lagi sangking SAKITNYA itu kontraksi.

Yang ada dipikiran saya saat itu cuma ngeden dan sisanya memasrahkan segalanya sama Allah. Semua orang yang ada di kamar bersalin itu menyemangati saya, termasuk si abang yang ngga pernah pergi dari samping saya kecuali untuk tahajud. Dia ngebuktiin banget kalo dia mampu jadi suami siaga. Ngga takut sama darah dan apapun yang diliatnya di ruangan itu, malah makin nyemangatin saya untuk berusaha lebih keras. Tepat jam 7.15 menit, saat saya melafadzkan Allahu Akbar di sisa tenaga akhir, saya ngerasain ada sesuatu yang besar keluar dari badan saya, cepat dan licin. Setelahnya barulah terdengar suara tangisan kencang bayi, anak saya. Barra-saya menamakannya- langsung digunting tali pusarnya dan dimasukkan ke dalam box seperti inkubator untuk dicek kondisinya sama dokter anak yang juga mengawasi persalinan saya. 

Sementara itu dokter kandungan kembali menjahit robekan jalan lahir bayi. Sakit, memang, terasa kok gimana jarum itu menembus daerah vital saya dan saat dokter tanpa kasian mengobok-obok isi perut saya untuk mengeluarkan plasenta yang masih tertinggal di rahim. Tapi semua rasa sakit itu ngga ada apa-apanya saat pertama kali Barra diletakkan di dada saya untuk IMD (inisiasi menyusui dini).Makhluk mungil berambut tebal, oh my God speechless banget saya ngeliatnya. Ngga nyangka saya berhasil melakukannya, melewatinya. Menyerahkan segala kemampuan yang saya punya demi anak ini. Anak yang saya tunggu sejak awal pernikahan saya dengan abang. Rasanya bersyukur banget dan merasa betapa besar Anugerah Allah yang diberikan untuk saya dan abang. Mudah-mudahan Albarra Yudistira Pratama yang berarti "Putra pertama Wahyu Adis yang suci" ini menjadi anak yang soleh dan berbakti sama orang tuanya, amin :)




Komentar

Postingan Populer