Merawat tali pusar

Sekedar share pengalaman saya nih waktu ngurus tali puser Barra yang sempet infeksi pasca puput  di hari keenam. Menurut saya, yang namanya tali puser adalah salah satu bagian dari tubuh bayi yang paling bikin ngeri. Gimana ngga, dari sanalah tadinya makanan dan segala sesuatu yang menghubungkan antara ibu dan janin berasal. Perawatannya harus hati-hati, sebab kalo sampe infeksi resikonya besar terhadap kesehatan si kecil, bahkan bisa menyebabkan kematian kalo sampai terkena tetanus. Nah, saya coba kasih tips ngerawatnya ya. Tips ini saya dapet dari suster ketika mengikuti kelas merawat bayi, juga dari dokter saat Barra visit mengobati tali pusernya.

Kalo tali puser masih ada :

  1. Selalu pastikan tangan kita bersih. Kalo perlu cuci tangan atau gunakan antiseptik dahulu.
  2. Ganti kasa steril tiap kali basah atau kotor terkena pipis atau pup bayi.
  3. Pasang popok di bawah tali pusar supaya ngga beresiko menggesek tali pusar.
  4. Bersihkan sekitar tali pusar dengan air bersih dan sabun lalu keringkan. Jangan percaya mitos yang bilang  harus menaburi kopi diatasnya, itu mitos. Yang paling benar adalah memastikannya dalam keadaan bersih dan kering.
  5. Jangan iseng menarik atau mencopotnya. Biarkan proses itu terjadi alami. Kalo dipaksa beresiko infeksi

Kalo tali puser udah copot :
  1. Rendam kasa steril di dalam alkohol 70%, peras, lalu tekan ke dalam puser yang udah copot agar kotoran yang ada di dalamnya terangkat.
  2. Keringkan dengan menekan kasa steril di area yang tadi dibersihkan (jangan mengusap2nya)
  3. Beri betadine yang telah dicelupkan pada cutton bud di area tali pusar, kemudian tutup dengan kasa steril yang bersih dan kering. Inget ya, tunggu sampai betadine kering supaya ngga menempel pada kasa steril. Selain mencegah lembab, juga supaya kasa steril ngga susah dicopot saat mau diganti.

Sekilas gampang ya perawatannya, tapi percaya deh saat itu saya ketakutan banget ngerjainnya :)) Pokoknya kalo ada tanda-tanda kayak merah, agak basah, bengkak di sekitar pusar atau bau menyengat, segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Infeksi yang lama ditangani berpotensi menyebabkan tetanus. Good luck, mommies :D

pic by : Ayahbunda.co.id

Komentar

Postingan Populer