Hari pertama jadi ibu

Rasa haru dan bahagia begitu terasa usai proses melahirkan. Ternyata saya bisa melewati ini smua dengan sabar dan penuh perjuangan. Dibanding persalinan cesar yang harus recovery seharian, saya hanya butuh 4 jam untuk berada di ruang recovery, sisanya saya dibawa ke kamar rawat dengan kursi roda tanpa selang infus atau kateter yang terpasang seperti pasien operasi cesar. Setelah berada di kamar rawat, saya mulai diajarin jalan dan pipis di toilet sendiri sama suster. Walopun masih sakit dan kagok, saya bisa melakukannya :)

Kebetulan rumah sakit yang saya pilih ini menyediakan fasilitas rooming-in, jadi si bayi bisa 24 jam ada disamping ibunya di kamar rawat, kecuali kalo si ibu pengen anaknya ditaro di ruang bayi. Awalnya saya keukeuh pengen Barra ada di kamar walopun abang bilang lebih baik saya istirahat dulu, maklumlah pengalaman pertama, jadi norak ;p. Tapi kemudian pemikiran itu berubah menjelang malam hari.

Sebagai ibu baru, saya masih belum tau apa-apa soal merawat bayi. Apalagi saya cuma didampingi suami lantaran papa masih dirawat di rumah sakit karna menderita stroke, jadi mama ngga bisa seharian nemenin saya. Lagipula rumah sakit saya ini punya sistem, yang nungguin ngga boleh nginep, demi menjaga kestabilan kesehatan si ibu. Jadilah si abang cuma nemenin dari jam 7 pagi sampe jam 9 malem. Di hari pertama saya menjadi ibu, malam harinya saya dibuat panik sama kelakuan Barra yang terus menangis. Di gendong udah, di susuin udah, mesti gimana lagi? Setelah dicek sama suster, rupanya dia pipis dan poop. Oalaahh dikirain kenapa. Karna belum bisa mengganti popoknya sendiri, suster pun membawanya ke ruang bayi. Lagipula tangisan Barra yang heboh itu ternyata bener bikin saya panik, tegang dan ngga bisa istirahat, padahal saya baru aja beberapa jam melahirkan.

Untung aja suster-susternya siaga 24 jam memenuhi panggilan saya yang kerepotan mengurus Barra. Kalo saya jadi susternya, pasti saya udah ngamuk deh gara-gara di bel mulu sama pasien dengan pertanyaan2 bodoh kayak "sus kok dia nangis terus sih?", "sus, bayi saya pipis", "sus, anterin bayi saya ke kamar bayi dong", "sus, tolong ambilin bayi saya di kamar bayi dong" --- lama-lama baskom pun melayang -___-". Intinya serulah jadi ibu. Walopun repot tapi seneng dengan hal-hal baru yang belom pernah saya temuin sebelumnya :D

Komentar

Postingan Populer