Barra, jangan sakit lagi ya nak :'(


Tepat di hari ketiga berada di rumah sakit, dokter akhirnya mengizinkan saya dan Barra pulang. Dokter kandungan menyatakan kontraksi rahim saya mulai mengecil dan jahitan pun sudah oke. Sedangkan dokter anak mengatakan hasil cek laboratorium, bilirubin Barra masih normal dan sebelum pulang pun dia menerima imunisasi hepatitis dan polio. Kita baru bisa meninggalkan rumah sakit jam 8 malam karna dokter kandungan yang meng-acc kepulangan kita telat visit lantaran harus operasi cesar. 

Sempet kebesit di benak saya ketakutan akan merawat Barra sendirian. Maklumlah, kalo di rumah sakit saya tinggal pencet bel dan menyuruh suster untuk membawa Barra ke kamar bayi kalo dia mulai rewel. Tapi di rumah ngga ada suster dan ruang bayi. Keluarga saya pun ngga biasa dengan kehadiran bayi. Dulu yang ngerawat saya waktu bayi adalah nenek, jadi mama buta banget soal ngerawat bayi baru lahir. Jadilah saya agak takut saat pamitan sama suster-suster disana.

Ketakutan itu ternyata terbukti. Semalaman Barra ngga mau tidur. Nangiiiss terus, dan walaupun udah menyusu sejam sekali tetep aja kurang. Sekalinya tidur, baru juga ditaro eh setengah jam kemudian bangun dan nangis lagi. Semalaman, ngga ngasih waktu saya dan abang sedikitpun untuk tidur :(. Saya makin stress lantaran asi masih belum lancar, bahkan saya ngga tau sebenernya air susu itu keluar atau ngga, jangan-jangan anak saya cuma nyusu kosong makanya dia ngga kenyang-kenyang. 

Sampe esok harinya, Barra masih juga menangis dan histeris tiap kali menyusu ke saya. Sementara payudara saya semakin bengkak dan luka akibat posisi menyusui yang ngga bener. Menjelang siang, saya curiga sama badan dia yang agak anget, bener aja ternyata pas dicek pake termometer panasnya mencapai 38 derajat. PANIK!! saya dan abang langsung ngacir ke rumah sakit, sembari terus bbm-an sama dokter laktasi di jalan. Ternyata sampe di rumah sakit dokternya baru dateng 2 jam lagi. Akhirnya saya bawa Barra ke kamar bayi tempat dulu kita dirawat. Suster menganjurkan saya untuk memberi susu formula karna panasnya itu berasal dari dehidrasi. Suster juga mendeteksi Barra agak kuning, lagi-lagi karna dehidrasi dan cuaca yang hujan melulu ngebuat dia belum juga sempet dijemur. Saya adalah ASI-minded, pantang bagi saya memberikan susu formula di 6 bulan pertama. Kita pulang ke rumah, dan saya pun masih bertahan memaksakan Barra untuk menyusu asi, padahal dia terus aja histeris dan saya pun makin kesakitan digerus bibir mungilnya.

Saya dan abang coba cari solusi lain. Dari hasil bbm-an dengan dokter laktasi, abang membelikan saya seperangkat alat pompa susu elektrik, nipple shield (untuk menutupi dan menggantikan puting saat menyusui -- ehm bahasanya lagi2 vulgar, maaf yaa -___-") dan sekotak kecil susu formula untuk antisipasi. Di pompa, air susu saya ternyata ngga keluar, di cobain pake nipple shield eh ternyata kegedean di mulut Barra, dan pilihan terakhir adalah menyendokkan susu formula ke mulut Barra (ngga pake botol supaya dia ngga bingung puting) juga ngga berhasil karna cara ini kelamaan dan berujung bikin dia tambah ngamuk. Habis sudah harapan saya. Kondisi saya yang masih lemah semakin drop karna stress. Akhirnya kita membawa Barra ke rumah sakit lagi siang harinya. Di perjalanan saya terus aja menangis tiap kali ngeliat muka mungilnya. Kenapa sih anak saya, kenapa harus anak saya, bisa ngga sih saya jadi ibu untuknya. Sederetan tanya yang memenuhi otak saya saat melihat muka lemah Barra. 

Akhirnya kita berhasil menemui dokter laktasi. Setelah dicek, ngga ada yang salah sama payudara saya. Sudah mulai keras, tinggal nunggu waktu supaya dia lancar. Ternyata yang salah adalah lidah anak saya. Ada selaput kecil dibawah lidahnya (tie tongue) yang ngga terpakai dan harus dibuang, karna membuat jangkauan lidahnya pendek. Akibatnya dia ngga bisa nyusu maksimal, dan payudara saya pun lecet karna lidahnya ngga bisa menjangkau sampe aerola. Dokter memutuskan menggunting selaput itu. Saya pasrah. Demi Allah saya ikhlas asalkan yang terbaik untuk anak saya. Operasi kecil itu berlangsung di ruang IGD. Sebentar sih dan untungnya Barra ngga rewel-rewel banget. Sesudahnya saya disuruh menyusui dia di ruangan khusus selama satu jam. Sambil nangis menahan perih saya rela Barra menyusu lagi supaya panasnya turun dan kuningnya berkurang. Saya ngga mau dia sampe dirawat untuk disinar. Dokter juga menganjurkan agar saya skin to skin sama Barra dengan menempelkan badan kita supaya panasnya berkurang. Segala cara sudah dilakukan, sisanya hanya berharap Allah melindungi anak saya yang masih berumur 4 hari ini.

Demi menjaga tidurnya, smua suara di rumah dimatikan. Si mbak rela 2 jam menggendong Barra ketika dia tidur supaya ngga kebangun kalo dipindahkan ke tempat tidur. Malam harinya, saya menceritakan kejadian hari ini ke mama dan kakak yang baru aja pulang dari rumah sakit usai menjaga papa. Seharian ini mama ngga berhenti memantau dan menghubungi saya, tapi saya ngga mau menambah bebannya, maka baru malam harinya saya bercerita. Mereka kompakan menyuruh saya memberikan susu formula. Mama cerita bahwa kasus dia dulu sama seperti saya. Makanya sejak lahir kita bertiga dibantu susu formula, tapi toh pertumbuhannya bagus. Terbukti hingga saat ini saya dan kedua kakak saya sehat dan cukup "berotak", ngga kalah lah sama anak peminum asi. 

Sekarang waktunya mengalahkan ego dan membiarkan nurani yang menang. Tegakah saya mengorbankan kesehatan anak saya demi idealisme memberikan asi ekslusif? Bukankah tujuan saya memberikan asi untuk membuatnya sehat? bukan membuatnya menderita seperti sekarang. Akhirnya dengan berat hati saya memberikan Barra susu formula memakai botol susu. Sambil meminumkannya, saya masih menangis, menyesal karna ngga bisa ngasih yang terbaik untuk anak saya. Cuma berharap bahwa dengan ini kondisinya membaik. Ternyata bener, selesai diminumin sufor, Barra tertidur, dan pulas tanpa terbangun untuk minta susu lagi. Akhirnya kita bisa bernapas lega lagi. Panasnya turun dan dia terlihat nyaman sekali saat tidur. Alhamdulillah ya Allah, ngga ada yang bisa bikin panik sepaniknya selain anak sakit. Rasanya kalo bisa pengen rasanya mindahin penyakitnya ke saya. Beginilah rasanya jadi ibu, ngga semudah yang saya bayangkan. Punya anak bukan cuma perkara meneruskan keturunan, mendandani dia secakep mungkin supaya dipuji orang atau membelikan mainan yang banyak. Punya anak adalah bagaimana kita bertahan merawat dan membesarkannya sebaik mungkin, dan sungguh itu sangat tidak mudah. Tapi mudah-mudahan saya dan abang sanggup melalui kesulitan lainnya ya, amin :')

Komentar

  1. sama kyak syifa dl say gt tp ga smpe pnas,smpat nangis jg dan bicara sm syifa minta maaf krn g bs ksh ekslusif...tp km hrs smngatt y smg suforny g lama an asi km bs bnyk..tp bnr ata mama km pke sufor it g klah sm asi kok...bruntung ma2 km dukung,dl mamaku g dkung mkany syifa smpe dehidrasi dpksa asi pdhal tdny aq pgn ksh sufor krn g tega liat mukanya ga rewel ga nangis,bnyakan diem jd buat mkin tkut...pling nangis sesekali it jg cmn uara kcil dan g lama...semangat mommy barra..cium syg buat barra gnteng

    BalasHapus
  2. iya mit, skarang masih usaha ngelancarin asi dg rajin pumping. masi agak trauma kalo Barra nyusu langsung, sakit bookk T__T haha siipp makasih tante mitha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer