Baby Blues, pergilah..


Rasanya sedih, trus tiba-tiba suka pengen nangis tanpa sebab, jadi cemas berlebihan dan ketakutan tiap kali Barra bangun dan menangis. Kenapa sih begitu? Perasaan aneh ini mulai muncul sejak hari keempat Barra lahir, tepatnya ketika saya memboyong dia pulang ke rumah. Ngga tau apa karna trauma pasca dehidrasi yang dideritanya akibat asi saya yang belum keluar atau kecapean.

Saya berusaha mengatasi perasaan ini. Saya ngga mikir ini baby blues, penyakit yang umum menimpa ibu muda setelah melahirkan. Sugesti saya, baby blues itu adalah perasaan benci terhadap anak sampe ngga mau gendong atau ngeliat bayinya sendiri. Saya nggak begitu. Saya tetap merawat Barra walaupun seperti ada beban berat yang ngga bisa saya ungkapkan. Saya ngerasa sangat mencintai dia setiap kali ngeliat muka orientalnya, walaupun ngga tau kenapa hati saya terus menjerit "I wish I could turn back time". 

Saya nyerah. Rasa ini ngga juga hilang meskipun udah share ke suami dan dia pun dengan siaga ngebantu saya merawat Barra. Akhirnya, barusan saya coba cari tau di internet. Yap benar, saya harus mengakui bahwa saya terkena sindrome Baby Blues yang mengerikan itu :( 

Dikutip dari artikel www.bayisehat.com menulis bahwa baby blues terjadi karena tubuh tengah mengalami perubahan fisik yang besar pasca melahirkan, termasuk hormon yang mempengaruhi perasaan si ibu. 
Berikut ini adalah Gejala Kasus Baby Blues Syndrome :

  1. Dipenuhi perasaan sedih dan depresi yang disertai dengan menangis tanpa sebab
  2. Mudah kesal, gampang tersinggung dan tidak sabaran
  3. Cemas, merasa bersalah dan tidak berharga
  4. Menjadi tidak tertarik pada bayi atau terlalu khawatir terhadap bayi
  5. Tidak memiliki tenaga sedikit saja
  6. Tidak percaya diri
  7. Sulit beristirahat dengan tenang
  8. Penurunan berat badan yang disertai hilang nafsu makan
  9. kenaikan berat badan yang disertai nafsu makan berlebihan
  10. Perasaan takut menyakiti dirinya sendiri atau bayinya
Dan ya benar, saya mengalami semua gejala yang tertulis di atas. Subhanallah saya harus bagaimana? Walaupun perasaan ini kayaknya sih belum terlalu parah (karna saya masih bisa menahannya) tapi bikin ngga nyaman. Seperti ada beban berat yang mewajibkan saya mengurus Barra sementara kata hati saya menolaknya. Semua itu bikin pengen nangis sendirian atau bikin saya diam-diam berdoa Barra tidur aja yang nyenyak. Dan disaat yang bersamaan saya akan merasa jadi ibu yang jahat untuk dia. Tolong saya :'(

Komentar

  1. Mba, gak apa baby blues, stlh 2 bln berlalu kok.. Ingt minta bantuan org skitar supaya punya waktu utk menenangkan diri selama beberapa saat ya.. 1 jam aja cukup, minta bantuan suami :)

    BalasHapus
  2. iya, pelan2 saya berusaha menikmatinya kok. Waktu awal2 tuh, dia bangun aja saya jd super ketakutan dan ngelarang smua orang supaya ngga ngeluarin bunyi2an supaya dia ngga kebangun dari tidurnya. Parah ya? tp skr saya bawa enjoy n ikhlas aja :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer