Renovasi rumah Depok

Proyek "mimpi jadi arsitek" yang kedua ini terinspirasi dari mimpi saya dalam merenovasi rumah pribadi yang berlokasi di kawasan Depok. Rumah tipe 42 yang tergabung dalam sistem cluster ini memiliki denah yang sederhana: 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan ruang cuci dibagian belakang. Kebetulan mama saya seneng tanaman, jadilah dua buah taman dibangun di depan dan di belakang bangunan.

Desain renovasi ini saya bagi jadi 2 tahap. Kali ini saya sebut renovasi kecil, karena cuma merubah interior dan dan membongkar dinding dapur. Intinya, rumah yang masih polos ini saya rancang dengan menambah beberapa furnitur dan aksesoris, serta mengkombinasikan warna cerah supaya ruangan tampak lebih hidup. Yuk kita liat hasilnya ;)

SEBELUM

fasad (kondisi aslinya rumah dihimpit rumah lain bermodel sama)
Ruang keluarga. Terlihat masih polos tanpa penyekat apapun
Pintu di ruang keluarga ini terhubung dengan area belakang: ruang makan, dapur dan ruang cuci.
Area di sayap kanan bangunan yang bersebelahan dg ruang keluarga. pintu kanan: ruang tidur utama, tengah: kamar mandi dan pintu kiri: kamar tamu

kamar tidur utama
kamar tamu
Dapur model "I"
Ruang makan berada di sisi kanan dapur. Itu pintu yang dibaliknya terdapat ruang keluarga tadi

Ruang cuci yang bersebelahan dengan taman belakang dan dapur

Denah rumah Depok



SESUDAH

Ruang tamu didominasi warna merah. Untuk membatasi dengan ruang keluarga, disekat partisi kayu

Ruang keluarga ditambah 2 single chair, karpet dan frame foto

Kamar tidur utama. Dinding kanannya dilapis kaca cermin supaya ruang terlihat lebih luas. Dinding dilapis wallpaper kotak2 dan lantai dilapis parket.

Kamar tidur tamu dirubah menjadi kamar anak. Di dominasi warna biru dan berlantai parket

Dinding pembatas antara dapur dan ruang makan dijebol, diganti dengan meja pantri. Dinding dapur pun dilapis panel kayu supaya tampak lebih hangat.

Area belakang. Masih mempertahankan taman belakang dan ruang cuci di sebelah dapur.



Renovasi ini lebih sederhana karena hanya merubah interiornya saja. Nah, di postingan saya berikutnya, renovasi bakal lebih rumit karna menambah lantai dan mengubah komposisi denah.Tungguin yah ;)

Komentar

Postingan Populer